YUK
KITA BELAJAR
1. Cabang biologi bidang kesehatan dan lingkungan.
A. Mikrobiologi : organisme mikro (renik), misalnya bakteri, jamur,
dan protista
B. Bakteriologi : tentang bakteri
C. Patologi : tentang penyakit
D. Biofarmasi : obat-obat menggunakan produk dari organisme, vaksin
E. Bioteknologi : menggunakan organisme untuk menghasilkan barang,
salah satunya adalah produk interferon, antibodi monoklonal
2. Penyakit karena virus, dan jenis virus penyebabnya.
Dapat menular melalui hewan
·
Rabies, melalui anjing
atau kera
·
Avian flu, melalui
burung
·
Swaine flu, melalui
babi
·
Mers, melalui unta
·
Demam berdarah,
diperantarai oleh nyamuk
3. Perhatikan ciri jamur ascomycota dan
zygoycota, dan contohnya
§ hifa bersekat atau tidak
§ berkembangbiak secara vegetatif dan generatif
4. Perhatikan ciri arthropoda : Insecta, Crustacea, Arachnida!
·
Ruas tubuh, jumlah
kaki, alat respirasi, jumlah antena, kerangka? Perbedaan dan persamaan?
5. Upaya pelestarian keanekaragaman hayati, kawasan perlindungan dan
manfaatnya
6. Perhatikan
ciri tumbuhan berbiji terbuka-tertutup, dan contohnya
·
Perakaran, kambium,
tiper kerkas pengangkutan, tipe pembuahan, struktur biji
7. Perhatikan siklus Fasciola hepatica (cacing hati)
·
Cacing-telur-mirasidium-Sporokista-Redia-Serkaria-metaserkaria
·
Hospes
perantara : keong à Sporokista-Redia-Serkaria
·
Cacing
dewasa di tubuh domba/sapi
·
Bisa
menular ke manusia
8. Ciri-ciri
hewan vertebrata!
§ Kulit,
alat bernapas, ruang jantung, suhu tubuh, cara fertilisasi
§ Contoh?
9. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan dan piramida ekologi!
·
Produses : taraf trofi
1
·
Konsumen 1 : taraf
trofi 2
·
Konsumen 2 : taraf
trofi 3, dst
·
Produsen mengandung
biomassa, populasi, dan energi paling besar
10. Perhatikan gambar siklus biogeokimia untuk mineral!
·
Mineral
anorganik : di tanah dan perairan
·
Diserap
oleh tanaman, lalu menjadi mineral dalam tubuh makhluk hidup (mineral organik)
·
Penguraian
terhadap sisa organik mengembalikan mineral ke lingkungan abiotik (tanah, dan
perairan
11. Keseimbangan
lingkungan, peran hutan dan tumbuhan.
·
Menyerap karbondioksida
·
Menghasilkan gas
oksigen
·
Melindungi air tanah
·
Tempat hidup makhluk
hidup lainnya.
12. Perhatikan ciri sebuah jaringan: otot! Struktur, gerak, dan contoh
otot
·
Otot polos
·
Otot lurik
·
Otot
jantung
13. Perhatikan gambar struktur membran!
·
Lapisan
lemak (fosfolipida) : kepala (hidrofilik), ekor (hidrofobik)
·
Protein
integral (transpor)
·
Protein
perifer (menempel)
·
Senyawa
gula (glikolipida/pada lipid, dan glikoprotein/pada protein)
·
Fungsi :
tanspor zat à difusi, osmosis, transpor aktif
14. Perhatikan Gambar sel hewan!
·
Mitokondria : energi,
respirasi
·
RE : tempat ribosom
(kasar), tempat sintesis lemak (halus)
·
Badan golgi :
mensintesis bahan organik (enzim, membran sel, dll)
·
Sentriol : membentuk
benang pembelahan
·
Lisosom : mengandung
enzim hidrolitik
·
Nukleus : mengandung
faktor hereditas
15. Perhatikan gambar tulang, tendon, persendian dan otot, gerak feksi
dan ekstensi!
16. Perhatikan gambar jantung dan pembuluh darah, kaitannya dengan
gangguan sistem peredaran darah
·
Jantung
koroner : akibat endapan lemak di arteri koronaria
·
Kerusakan
katup jantung
·
Thrombus :
sumbatan pembuluh oleh gumpalan (darah) di titik tertentu pembuluh darah
·
Embolus : gelembung
udara atau gumpalan yang mengalis sepanjang pembuluh, dapat menyumbat di titik
tertentu dari pembuluh darah/jantung
·
Sklerosis :
sumbatan pembuluh oleh lemak atau kalsium
17. Perhatikan alat-alat pencernaan : mulut, lambung, pankreas, hati,
usus halus !
·
Enzim-enzim
dari mulut, lambung, usus, pankreas
·
Hati/kantong
empedu : cairan empedu untuk pencernaan lemak
·
Keasaman
dari lambung dinetralkan oleh NaHCO3 dari pankreas
18. Perhatikan beberapa jenia gangguan sistem pernapasan!
·
Renitis : radang rongga
hidung
·
Bronkitis : radang
bronkia
·
Pleuritis : radang
selaput pleura
·
Asfiksi : gangguan
pengankutan oksigen
·
Emfisema : pelebaran
alveolus
19. Perhatikan gambar nefron dan proses pembentukan urine!
·
Kapsula bowmann,
glomerulus, tubulus proksimal, lengkung henle, tubulus distal, tubulus
kolektivus
·
Urine : primer,
sekunder, urine sesungguhnya
·
Proses : filtrasi,
reabsorpsi, augmentasi
20. Perhatikan gambar struktur mata!
·
Kornea :
meneruskan cahaya
·
Iris :
selaput pelangi-membentuk lubang pupil
·
Lensa :
akomodari kecembungan untuk membentuk bayangan
·
Retina :
mengandung saraf reseptor
·
Binting
kuning : bagian terpeka pada retina
·
Bintik buta
: akson sel saraf retina, tidak menerima rangsang
21. Perhatikan gambar struktur rahim!
·
Endometrium pada
permukaan uterus, tempat embrio
·
Oviduk (tuba falopii),
saluran ovum, tempat fertilisasi
·
Ovarium (indung telur),
menghasilkan ovum dan hormon estrogen/progesteron
·
Leher rahim
22. Reaksi imunitas pada tubuh
·
Terjadi
luka, masuk kuman
·
Tubuh
mengkatifkan sistem imunitas : sel T mengenali kuman, Sel B menghasilkan
antibodi, Sel fagosit memamakan kuman/bakteri
·
Kelenjar-kelenjar
getah bening mengalami inflamasi (bengkak/membesar) untuk membentuk sel-sel
fagosit.
·
Beberapa
kelenjar getah bening : di pangkal leher, di bawah lidah, di ketiak, di pangkal
paha, dll
23. Faktor pertumbuhan pada tanaman (data percobaan)
·
Gelap-terang
: mempengaruhi hormon auksin. Jika gelap terjadi etiolasi memanjang
·
Faktor air
·
Jenis-jenis
fitohormon : auksin, sitokinin, giberelin, kalin, etilen, asam absisat
24. Faktor enzim : suhu, pH, inhibitor
·
Suhu dan pH
: minimum, optimum, maksimum. Enzim bekerja terbaik pada keadaan optimum
·
Inhibitor kompetitif-non kompetitif
25. Proses respirasi seluler
·
Glikolisis : di
sitoplasma/sitosol. Bahan glukosa, hasilnya ATP, NADH, asam piruvat
·
Siklus Krebs : di
matrik mitokondria, Bahan asam piruvat yang diubah menjadi asetil Ko-A.
Hasilnya ATP, CO2, NADH, FADH
·
Rantai transpor
elektron, di membran dalam mitokondria. Hasilnya , 32 ATP
·
Elektron akhir dilepas
membentuk reaski dengan oksigen, dan hidrogen menghasilkan air
26. Perhatikan gambar siklus Krebs , dan hasil reaksinya!
27. Perhatikan gambar struktur kloroplas, dan fungsinya!
·
Membran tilakoid à
menyususn grana, tempat reaksi terang dengan menghasilkan ATP dan NADPH
·
Reaksi gelap,
menghasilkan gula di bagian stroma
·
Gula dibentuk, dan
disimpan
·
DNA, kloroplas bisa
berkembangbiak sendiri
·
Fase reaksi gelap :
fiksasi karbon, reduksi, regenerasi
Hasil : PGA-PGALà
Glukosa
28. Pada proses respirasi anaerob:
·
Karena
kurang oksigen
·
Pada otot
menghasilkan asam laktat
·
Pada ragi
menghasilkan alkohol dan CO2
·
Jumlah ATP
adalah 2 dari setiap 1 glukosa
29. Perhatikan gambar DNA!
·
Dua rantau
polinukleotida-berpilih
·
Berikatan pada basa
nitrogen (A-T, dan G-C)
·
Basa Nitrogen : Purin
(A,G) dan Pirimidin (C,T)
·
Senyawa : P(fosfat), D
(deoksiribosa), N-base
·
1 nukleotida : P-D-N
30. Perhatikan urutan sintesis protein!
·
DNA sense-dan antisense
·
Kodon (m-RNA)
·
Antikodon (t-RNA)
·
Perakitan protein di
ribosom
Perhatikan
: asam amino selalu dibaca dari kodon
31. Persilangan antara atavisme/ kriptomeri
·
Ayam : R-P-
walnut, rrP- per, R-pp Rose , rrpp single.
·
Bunga :
A-B- ungu, A- bb merah, aa B- putih, aabb putih.
Perhatikan
ratio fenotip dan jumlah keturunnannya!
32. Persilangan monohibrid/ dihibrid menurut hukum mendelà ratio fenotip
33. Perhatikan gambar pembelahan sel secara mitosis!
·
Urutan : interfase, profase,
metafse, anafase, telofase,
34. Perhatikan ciri genetik kromosom!
·
Jumlah kromosom
berkurang/berlebih
·
Cacat mental
·
Misalnya : trisomi-21
(Down syndrom), XYY (sindrom Jacobs), XO ( sindrom turner), XXY (sindom
Klinefelter)
·
Kerusakan lengan
kromosom (aberasi) : delesi, duplikasi, inversi, translokasi, katenasi
35. Bagan pewarisan gen cacat butawarna!
·
Ayah : normal/cacat
·
Ibu : normal, pembawa,
cacat
·
Butawarna : oleh gen cb
(resesif) tertaut dalam kromosom X
36. Perhatikan gambar percobaan biogenesis/neoabiogenesis.
·
Biogenesis
: dengan kesimpulan omne vivo ex vivum
Tokoh : F. Redi, L. Spalanzani, L. Pasteur
·
Neoabiogenesis
: dengan kesimpulan adanya reaksi bahan kimia anorganik (CH4, NH3, H2, H2O)
menghasilkan senyawa organik (asam amino)
Tokoh : Teori Urey, Teori Oparin. Percobaan Stanley Miller
37. Teori evolusi.
·
Darwin :
seleksi alam, variasi cocok
·
Lamarck :
adaptas, jenis mengubah bentuk agar sesui dengan alam
·
A. Weismann
: percobaan potong ekor tikusà perubahan fisik tidak diturunkan
·
Sifat
diturunkan melalui perubahan pada gamet (gen)
·
Frekuensi
gen tetap bila lingkungan ideal (teori Hardy-Weinberg): populasi besar, tidak
ada seleksi alam, perkawinan acak, daya hidup sama, atak ada genetic flow.
38. Produk bioteknologi konvensional!
No.
|
Mikroorganisme
|
Bahan Dasar
|
Produk
|
1.
|
Sacharomyces
oryzae
|
Singkong,
adonan roti
|
Tape,
alkohol, roti
|
2.
|
Rhizopus sp
|
kedelai
|
Tempe
|
3.
|
Penicillium
notatum
|
Media
tumbuh
|
Antibiotik
penisilin
|
4.
|
Neurospora
crassa
|
Ampas
kedelai
|
oncom
|
5.
|
Aspergillus
wentii
|
Kedelai
|
kecap
|
6.
|
Acetobacter xylinum
|
Air
kelapa
|
Nata
de coco
|
7.
|
Lactobacillus sp
|
susu
|
yoghurt
|
8.
|
Methanomonas sp
|
Kotoran
sapi
|
biogas
|
Dll. Pelajari
39. Teknologi modern : melalui rekayasa
·
Antobodi monoklonal (teknik hibridoma)--- disebut juga fusi sel
·
Transplantasi DNA (cangkok gen) : insulin, tanaman trnasgenik
·
Kultur jaringan/kloning jaringan
·
Pembuhan in-vitro à bayi tabung (pembuahan di tabung, embrio ditanam
kembali pada rahim)
40. Perhatikan hal-hal berikut berkaitan dengan penerapan bioteknologi
dalam kehidupan sehari-hari.
Positif:
1.
penemuan bibit unggul
2.
produksi bibit dalam jumlah
besar
3.
obat bifarmasi (vaksin,
antibodi, interferon)
4.
bayi tabung
Negatif :
5.
produk bioteknologi sebagai alergen
6.
bakteri kebal pestisida
7.
menurunnya keanekaragaman
hayati
Semoga Sukses!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar